STRATEGI MANAJEMEN, DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN, KEMANDIRIAN DAN INTEGRITAS SANTRI DENGAN PENANAMAN NILAI-NILAI KEBANGSAAN PADA ASRAMA AL-FAJAR MA’HAD AL-ZAYTUN INDRAMAYU INDONESIA
Abstract
Pendidikan Islam di Indonesia mengalami perkembangan sejalan dengan hadirnya Islam di wilayah ini, sebagai bagian dari usaha untuk mengislamisasikan masyarakat serta sebagai tahapan dalam perkembangan komunitas Muslim di Indonesia. Kehadiran masyarakat Islam Indonesia diasosiasikan dengan fenomena islamisasi, yang berlangsung melalui metode percampuran atau akulturasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang ditujuan untuk mengetahui strategi manajemen asrama dalam meningkatkan Disiplin. Kemandirian dan integritas santri dengan penanaman Nilai-nilai kebangsaan pada Asrama Al-Fajar Ma’had Al-Zaytun. Penelitian dilaksanakan dengan metode wawancara langsung kepada narasumber serta mengumpulkan data dokumentasi berupa dokumen dan jurnal. Teknik analisis data terdiri dari beberapa tahapan yaitu: pengumpulan data, reduksi data, menampilkan data, dan menarik kesimpulan, Informan penelitian sejumlah 7 (tujuh) orang, diambil berdasarkan metode Purposive Sampling ditetapkan berdasarkan pertimbangan bahwa yang bersangkutan memiliki kapasitas dan kapabilitas untuk memberikan informasi dan penjelasan terhadap data yang diperlukan. Bahwa terdapat hasil yang signifikan yaitu meningkatnya Disiplin, Kemandirian dan Integritas santri dengan dilaksanakannya penanaman Nilai-nilai kebangsaan dalam bentuk menyanyikan lagu Indonesia Raya 3 (tiga) Stanza, setiap saat masuk dan pulang sekolah serta dalam acara-acara resmi diluar atau didalam sekolah, juga salam hormat kepada sesama setelah ucapan Assalamu alaikum, dilanjutkan dengan ucapan “Merdeka” dengan sikap pernghormatan tangan di kening dan suara yang lantang. Lagu 3(tiga) stanza adalah Doa yang untuk Bangsa dan Tanah air Indonesia dengan segala apa yang ada didalamnya, adapun ucapan Merdeka, adalah satu ungkapan bahwa setiap diri memiliki kemerdekaan dalam Ruh, Merdeka Fikir dan merdeka dalam Ilmu.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.